PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS VII E SMP MUHAMMADIYAH 08 BATU

Main Author: Rahayu, SaâTMadah Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30652/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-saadahdwir-22127-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30652/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-saadahdwir-22127-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30652/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang timbul pada saat observasi awal di kelas VII-ESMP Muhammadiyah 8 Batu yaitu kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif model GI dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi pada materi ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat deskriptif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi di mana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan.PTK yang digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif model GI yang diterapkan pada siswa. GImerupakan salah satu strategi pembelajaran koopertif dengan sintak : seleksi topik, merencanakan kerjasama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir, serta evaluasi. GI dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berfikir mandiri, yang pada dasarnya belajar biologi menuntut siswa untuk terbiasa berfikir ilmiah dan terlibart secara aktif dalam merumuskan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan kerja ilmiah siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 62,47% menjadi 81,65%. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 60,30% menjadi 70,40%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model GI dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi di kelas VII E SMP Muhammadiyah 8 Batu. Disarankan agar pelajaran biologi dengan metode ini dapat dipergunakan sebagai metode alternatif guru dalam meyampaikan materi pelajaran.