PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII-C DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG
Main Author: | NOVALENDRA, DANUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30651/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-danurnoval-22128-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30651/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-danurnoval-22128-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30651/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran yang efektif merupakan salah satu aspek dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dalam pelaksanaan tersebut, terjadi interaksi antara guru dalam keberadaannya untuk mengajar dan siswa dalam keberadaannya untuk belajar. Hasil belajar merupakan hasil evaluasi siswa sebagai indikator ketercapaian dalam pembelajaran. Hasil belajar yang masih rendah menunjukkan suatu pembelajaran masih belum berhasil. Berdasarkan kenyataan di sekolah SMP Muhammadiyah 06 Dau mata pelajaran biologi kelas VIII-C nilai rata-rata akhir biologi masih rendah yaitu 5,5 nilai tersebut belum tuntas karena KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) kelas VIII adalah 60. Hasil observasi awal di SMP Muhammadiyah 06 Dau rendahnya hasil belajar salah satu penyebab proses pembelajaran di sekolah tersebut menggunakan metode ceramah. Untuk itu perlulah metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu Penerapan Model Pembelajaran Kooperaif Snowball Throwing. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa, 2) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa dari siklus I ke siklus II secara klasikal, 2) penerapan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang diukur dari prosentase ketuntasan belajar minimal secara klasikal dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I secara klasikal ketuntasan belajar adalah 56.67% belum dikatakan tuntas karena siswa yang tuntas belajar kurang dari 60% dan jumlah ini meningkat pada siklus II menjadi 80% sehingga pada siklus II sudah dikatakan tuntas belajar karena lebih dari 60% siswa yang tuntas belajar.