STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR, MUTU PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA METODE PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG
Main Author: | Indrayono, Feri Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30636/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-feriekoind-22227-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30636/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-feriekoind-22227-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30636/ |
Daftar Isi:
- Siswa SMPN 18 Malang mempunyai permasalahan dalam kemampuan pemecahan masalah. Kurangnya motivasi terhadap pelajaran biologi dikarenakan metode mengajar yang kurang menarik sehingga menyebabkan kejenuhan. Metode Problem Posing dan Metode Problem Solving merupakan metode pemecahan masalah yang mempunyai kelebihan, kekurangan dan sintaks yang berbeda. Menggunakan dua metode yang berbeda supaya mengetahui efektif metode Problem Posing atau metode Problem Solving untuk prestasi belajar, mutu pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa SMPN 18 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar, perbedaan mutu pemecahan masalah serta untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi belajar siswa antara yang diajar dengan metode Problem Posing dan Problem Solving dalam pembelajaran biologi di Kelas VIII SMP Negeri 18 Negeri Malang. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen rancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonrandomized Control Group Prettes Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Malang. Pada penelitian ini sampel yang dilakukan dengan cara teknil random sampling. Analisa data menggunakan analisis kovarian dan anava, analisis kovarian digunakan untuk mengetahui lebih baik menggunakan metode Problem Posing atau metode Problem Solving sebagai perbedaan prestasi belajar, analisis anava digunakan untuk mutu pemecahan masalah belajar dan motivasi belajar dengan pelajaran biologi menggunakan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antar yang diajar dengan metode Problem Posing dan Problem Solving, metode Problem Posing yaitu nilai postest memiliki rata-rata 7,85 nilai postest metode Problem Solving memiliki rata-rata 7,12, sedangkan tidak ada perbedaan mutu pemecahan masalah antar yang diajar dengan metode Problem Posing dan Problem Solving dan tidak ada perbedaan motivasi belajar antar yang diajar dengan metode Problem Posing dan Problem Solving dalam pembelajaran biologi di Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang.