PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (Teams Games Tournament) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS VII-D SMP MUHAMMADIYAH 08 BATU
Main Author: | PURNAMA, IAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30631/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ianpurnama-22235-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30631/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ianpurnama-22235-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30631/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang timbul pada saat observasi awal di kelas VII-D SMP Muhammadiyah 8 Batu yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada materi ekosistem siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat deskriptif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik-praktik pembelajaran tersebut di lakukan. PTK yang digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif model TGT yang diterapkan pada siswa. TGT merupakan bentuk pembelajaran koopertif dimana setelah siswa belajar secara individual dan diskusi, selanjutnya dalam kelompok masing-masing anggota menggunakan turnamen atau lomba dengan anggota kelompok lainnya sesuai dengan tingkat kemampuannya. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas kerjasama siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 75,00% menjadi 91,67%. Dan hasil belajar klasikal siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 62,07% menjadi 75,86%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi di kelas VII-D SMP Muhammadiyah 8 Batu. Disarankan agar pembelajaran biologi dengan metode ini dapat dipergunakan sebagai metode alternatif guru dalam meyampaikan materi pelajaran khususnya biologi.