UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SOCIAL SKILL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (Teams Games- Tournaments) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-G DI SMP NEGERI 13 MALANG
Main Author: | IFFAH, IKA FAUZIATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30624/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ikafauziat-23991-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30624/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ikafauziat-23991-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30624/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMPN 13 Malang, menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas VIII-G yang tidak tuntas dalam belajar/ hasil belajar rendah (rata-rata klasikal≤ 65%) dan tidak memenuhi standar ketuntasan minimum (SKM), dimana nilai SKM di SMPN 13 Malang adalah 75. Juga kemampuan social skill peserta didik masih rendah, hal ini dapat dilihat dari kerjasama dan komunikasi dalam mengerjakan tugas kelompok. Akibatnya masih banyak yang kurang paham dengan pembelajaran sehingga nilainya belum memenuhi SKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan social skill peserta didik kelas VIII-G SMPN 13 Malang melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2011 - 11 Maret 2011. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I peserta didik yang tuntas secara individu ada 24 peserta didik dengan ketuntasan klasikal sebesar 64.86% (belum tuntas) dengan rata-rata nilai 78.5. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran, peserta didik yang tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi 35 peserta didik dengan ketuntasan klasikal 94.6% (tuntas) dengan rata-rata nilai 85.2. Begitu juga dengan hasil pengukuran kemampuan sosial skiil mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan social skill pelajaran biologi peserta didik kelas VIII-G SMPN 13 Malang.