PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI I BANYUPUTIH - SITUBONDO

Main Author: WULANDARI, ANITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30597/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-anitawulan-22980-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30597/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-anitawulan-22980-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30597/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran kooperatif model Jigsaw adalah model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran yang ditugaskan. Khususnya mata pelajaran biologi. Proses pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Banyuputih-Situbondo, kurang melibatkan siswa karena guru masih aktif memberi penjelasan (ceramah) sehingga interaksi belajar mengajar masih berjalan satu arah. Siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru. Akibatnya siswa sulit untuk memahami materi-materi yang disampaikan guru, mereka cenderung menghafal konsep-konsep tanpa memahami isi dari konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pambelajaran kooperatif Model Jigsaw dalam meningkatkan pemahaman konsep Biologi siswa kelas VIII Di SMP Negeri I Banyuputih, serta untuk mengetahui bagaimana respon siswa dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif Model Jigsaw. Data tentang pemahaman konsep biologi siswa berupa hasil pre-tes, post-tes, dan ulangan. Serta data tentang respon siswa berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan Persentase ketuntasan pre-tes pada siklus I adalah 0%. Pada siklus II meningkat menjadi 40%. Persentase ketuntasan post-tes pada siklus I adalah 63,3%. Pada siklus II meningkat 80%.. Respon siswa 80% siswa setuju belajar biologi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw, 90% siswa tidak kesulitan memahami pelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw, 70% siswa setuju / senang ketika diadakan diskusi kelompok.