PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus Persepsi Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun Terhadap Kualitas Pelayanan KesehatanTahun 2010)
Main Author: | PRASETYA, INDRA BUDY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30534/1/jiptummpp-gdl-indrabudyp-33742-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/30534/2/jiptummpp-gdl-indrabudyp-33742-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30534/ |
Daftar Isi:
- Persepsi Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Oro-oro ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Tahun 2010. Kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat, Puskesmas sebagai institusi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan,dan upaya peningkatannya adalah tingkat kepuasan pasien sebagai pengguna jasa dan pemenuhan standar pelayanan. pembangunan kesehatan meliputi upaya kesehatan dan sumber dayanya, harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan guna mencapai hasil yang optimal. Dalam penelitian ini akan dilakukan kajian terhadap pelayanan kesehatan di kota Madiun, khususnya di puskesmas Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, berdasarkan persepsi masyarakat dengan harapan segera diketahui adanya gap antara realitas yang ada dengan harapan dari masyarakat, dan permasalahan-permasalahan/kendala-kendala yang menghambat dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Madiun. Masalah yang hendak diteliti adalah Bagaimana Pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengenai penggunaan kartu Askeskin, partisipasi masyarakat dalam mendorong dan membantu terciptanya pelayanan publik yang baik di sektor pelayanan kesehatan dan persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terhadap instansi pelayanan publik penyedia jasa pelayanan kesehatan, di Wilayah Kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Penelitian ini bertujuan pelaksanaan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengenai penggunaan kartu Askeskin, mengetahui partisipasi aktif masyarakat dalam mendorong dan membantu terciptanya pelayanan publik, serta mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terhadap instansi pelayanan publik penyedia jasa pelayanan kesehatan, di Wilayah Kerja Puskesmas Oro-Oro Ombo kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Darianto (2009:56) Masyarakat mempunyai kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sudirman (2008:06) Penelitian di Kota Jambi yang dilakukan oleh Sudirman, tahun 2000 dengan judul tesis: pengaruh motivasi kerja aparat terhadap efektivitas penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat studi tentang pelayanan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil lokasi Puskesmas Oro-oro Ombo dan menurut peneliti cukup memudahkan dan representatif untuk dijadikan lokasi penelitian. Obyek penelitiannya adalah masyarakat Kota Madiun yang merupakan pengguna jasa pelayanan kesehatan di puskesmas-puskesmas di wilayah Kota Madiun, khususnya Puskesmas Oro-oro Ombo. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris, dan metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode survei, dengan melibatkan masyarakat/pengunjung puskesmas sebagai responden. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat penerima jasa pelayanan kesehatan di Kota Madiun. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Peneliti, lebih lanjut melakukan analisa data yang telah terkumpul. Data-data dan informasi yang telah diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisa dengan analisis teori yang linear dengan data yang diperoleh. Lebih lanjut peneliti mendiskripsikan data yang diperoleh dan melengkapinya dengan transkip hasil wawancara. Analisa teori yang kompeten dan relevan, peneliti sertakan untuk meperoleh hasil penelitian yang empiris dan dapat dipertanggung jawabkan. Dari hasil survei yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengenai penggunaan kartu Askeskin, Informasi tentang pelayanan yang banyak diketahui oleh responden adalah informasi tentang alur/tata cara berobat, Berbagai permasalahan dialami oleh responden pengunjung puskesmas, dengan permasalahan terbanyak terjadi di bagian pendaftaran, diikuti bagian pemeriksaan dokter. Partisipasi masyarakat dalam mendorong dan membantu terciptanya pelayanan publik yang baik di sektor pelayanan kesehatan, Karakteristik responden pengunjung puskesmas mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan, Bagian pemeriksaan umum/Poli Umum adalah unit layanan yang paling banyak dikunjungi, Responden yang mengalami permasalahan sebagaimana disebutkan di atas, sebagian menyampaikan permasalahan/keluhannya kepada petugas dan sebagian lagi tidak menyampaikan, Responsifitas petugas relatif rendah terhadap permasalahan/keluhan yang disampaikan oleh pengunjung. Persepsi masyarakat terhadap pelayanan kesehatan terhadap instansi pelayanan publik penyedia jasa pelayanan kesehatan, Alasan utama pengunjung berobat ke puskesmas adalah karena murah dan dekat, Sebagian besar responden pengunjung puskesmas menyatakan bahwa fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan tersedia, khususnya ketersediaan akan kebutuhan ruang dan fasilitasnya, Sebagian besar responden tidak bertemu Dokter ketika berkunjung/berobat di puskesmas. Ini menunjukkan bahwa di puskesmas Oro-Oro Ombo kota Madiun masih kekurangan tenaga dokter. Hal ini menyebabkan pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas kurang optimal. Namun demikian dengan beberapa toleransi, pasien menyatakan cukup puas dengan apa yang telah dialami dalam pelayanan kesehatan di puskesmas Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.