PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN ATENSI DALAM MENGERJAKAN TUGAS PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER)
Main Author: | MULYANI, RILA RAHMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30523/1/jiptummpp-gdl-rilarahmam-30859-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30523/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Saat anak ADHD mulai mengikuti pendidikan formal, mulai banyak muncul kesulitan pada anak terutama terkait dengan kesulitan untuk memusatkan perhatian pada tugas sekolah. Data tentang kesulitan atensi anak ketika mengerjakan tugas diperoleh melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atensi anak ADHD dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan teknik token economy. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua anak yang mengalami ADHD. Penelitian ini merupakan penelitian ekpserimen dengan menggunakan desain subyek tunggal (single-subject experimental design). Intervensi yang diberikan kepada subyek berupa teknik token ekonomi (penguatan positif) sebanyak 16 kali. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan atensi anak. Hal ini berarti bahwa penerapan teknik token economy dapat meningkatkan atensi dalam mengerjakan tugas pada anak ADHD, yaitu anak dapat memberi perhatian pada tugas yang diberikan.