MODEL PELATIHAN ASERTIVITAS LARESSA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA KORBAN BULLYING
Main Author: | Laressa, Ade |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30507/1/jiptummpp-gdl-adelaressa-33739-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30507/2/jiptummpp-gdl-adelaressa-33739-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30507/ |
Daftar Isi:
- Bullying menjadi fenomena psikologis yang kejadiannya mencapai puncaknya pada masa remaja. Korban bullying adalah seseorang atau beberapa orang yang menerima perlakuan agresi, atau tersakiti oleh orang lain yang memiliki kekuatan atau kekuasaan yang lebih besar dari dirinya, tindakan tersebut bisa dalam bentuk fisik, non fisik (verbal dan non verbal) ataupun perusakan barang. Salah satu karakteristik korban bullying adalah pasif (non asertif). Oleh karena itu, diperlukan intervensi untuk mengatasi masalah tersebut berupa pelatihan asertivitas khusus untuk korban bullying. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bahwa model pelatihan asertivitas Laressa dapat meningkatkan perilaku asertif pada korban bullying. Intervensi berupa pelatihan asertivitas Laressa dikembangkan peneliti dari pelatihan asertivitas Lange & Jakubowski (1976). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa SMP yang berusia 12-13 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol berjumlah 10 orang. Pengukuran tingkat asertivitas pada pretest,posttest dan follow up menggunakan skala asertivitas. Sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan analisis kuantitatif (Mann Whitney test dan metode Wilcoxon). Hasil analisa data yang telah dilakukan melalui uji Mann-whitney dimana hasilnya menunjukkan nilai Z= 3,144 dan nilai signifikansi = 0,002. Nilai signifikansi tersebut berada di bawah standar nilai signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 0,01 yang berarti ada perbedaan skor asertivitas posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yang sangat signifikan dimana asertivitas kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pelatihan Asertivitas Laressa dapat meningkatkan perilaku asertif korban bullying. Kata Kunci: pelatihan asertivitas Laressa, perilaku asertif, korban bullying.