HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNA RUNGU DI SMPLB-B DAN SMALB-B KOTA MALANG
Main Author: | Triaswari, Esni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30504/1/jiptummpp-gdl-esnitriasw-30694-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30504/2/jiptummpp-gdl-esnitriasw-30694-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30504/ |
Daftar Isi:
- Remaja tuna rungu sering kali menimbulkan masalah tersendiri. Masalah utama pada remaja tuna rungu adalah masalah komunikasi. Ketidakmampuannya untuk berkomunikasi berdampak luas, baik pada segi keterampilan bahasa, membaca, menulis maupun penyesuaian diri serta prestasi di sekolahnya. Kesulitan penyesuaian diri yang dialami remaja tuna rungu, disebabkan oleh kekurangmampuan untuk memahami aspek-aspek emosional yang dikomunikasikan oleh orang lain secara verbal. Kecerdasan emosi pada remaja tuna rungu berdampak positif pada penyesuaian dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi tingkat kecerdasan emosi, 2) deskripsi tingkat penyesuaian diri, 3) hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri remaja tuna rungu di SMPLB-B dan SMALB-B kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi Product Moment. Subjek penelitian adalah 50 siswa tuna rungu SMPLB-B dan SMALB-B di kota Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) tingkat kecerdasan emosi rata-rata berada pada kategori sedang (72% dari 50 siswa), 2) tingkat penyesuaian diri rata-rata berada pada kategori sedang (66% dari 50 siswa), 3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian diri remaja tuna rungu (r= 0,741**). Temuan lain menunjukkan bahwa sumbangan tertinggi dari lima aspek kecerdasan emosi (mengenal emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenal emosi orang lain dan membina hubungan) terhadap penyesuaian diri adalah mengenal emosi orng lain dan mengenal emosi diri. Sumbangan tertinggi dari lima aspek kecerdasan emosi terhadap penyesuaian pribadi adalah mengenal emosi orang lain. Sumbangan tertinggi dari lima aspek kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial adalah mengenal emosi diri.