ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 MALANG

Main Author: KURNIAWATI, ANIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30485/1/jiptummpp-gdl-anikkurnia-33682-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30485/2/jiptummpp-gdl-anikkurnia-33682-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30485/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) kompetensi pedagogik guru matematika SMP N 10 Malang, dan 2) kompetensi profesional guru matematika SMP N 10 Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa informasi aktifitas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan pengembangan diri serta beberapa data mengenai kelengkapan mengajar yang dimiliki oleh guru. Hasil penelitiannya adalah bahwa dari 10 aspek pedagogik: 1). menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, 2). menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3). mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, 4). menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, 5). memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, 6). memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, 7). berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, 8). menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 9). memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, dan 10). melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Pada umumnya seluruh komponen pedagogik sudah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi ada 3 sub kompetensi yang masih perlu diperhatikan antara lain: 1). memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kepentingan Pembelajaran, 2). memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, dan 3). melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Dari 5 aspek kompetensi profesional antara lain: 1). menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, 2). menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, 3). mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, 4). mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan 5). memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Pada umumnya seluruh komponen profesional sudah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan antara lain: 1). mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan 2). memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.