ANALISIS PELAKSANAAN KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 1 DAGANGAN KABUPATEN MADIUN
Main Author: | Renaningtiyas, Esty |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30456/1/jiptummpp-gdl-estyrenani-30895-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30456/2/jiptummpp-gdl-estyrenani-30895-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30456/ |
Daftar Isi:
- Kebijakan MBS dalam dunia pendidikan diharapkan mampu mendongkrak kualitas pendidikan di suatu sekolah. Keberhasilan ini menuntut adanya strategi pelaksanaan MBS yang disesuaikan dengan karakteristik sekolah masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Ingin mengetahui pelaksanaan MBS di SMPN 1 Dagangan, 2) Ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan MBS, 3) Ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini dirancang dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif dengan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan MBS di SMPN 1 Dagangan dilakukan melalui beberapa langkah yaitu menentukan program kerja, sosialisasi, memperbanyak kemitraan, menerapkan prinsip-prinsip tata kelola, meningkatkan kapasitas, mendistribusikan kewenangan dan tanggung jawab, partisipasi masyarakat, keterbukaan dan akuntabilitas, kerjasama, berorentasi pada lulusan dan tersedianya sarana prasarana. 2) Kendala yang dialami sekolah yaitu keterbatasan SDM sebagian guru, keterbatasan peran serta komite sekolah, kesadaran orang tua yang masih rendah, keterbatasan sarana prasarana pendidikan. 3) Upaya-upaya yang ditempuh sekolah dalam mengatasi kendala yang ada adalah pembentukan forum problem solving, mengikutsertakan guru dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan, mengadakan kegiatan supervisi klinis, mengintensifkan pertemuan dengan komite, melakukan sosialisasi peran dan fungsi komite sekolah, melibatkan unsur komite dalam pengambilan keputusan, mengadakan pertemuan dengan orang tua, melibatkan komite sekolah dalam penggalangan dana, dan mengajukan berbagai permohonan dana kepada pihak-pihak terkait. Dari hasil penelitian tersebut disampaikan saran/rekomendasi sebagai landasan dalam umpan balik bagi perbaikan dan pengembangan pelaksanaan kebijakan MBS.