DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 (MAN 2) MADIUN
Main Author: | DARMIATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30441/1/jiptummpp-gdl-darmiati20-30893-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30441/2/jiptummpp-gdl-darmiati20-30893-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30441/ |
Daftar Isi:
- Undang-Undang nomer 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, menyatakan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakan sehingga perlu perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, pengelolaan kelas, penggunaan metode, mengajar, strategi belajar mengajar, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Penelitian bertujuan untuk mengungkap : (1) Pelaksanaan KTSP, (2) gambaran kinerja guru, (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan KTSP untuk pengembangan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan angket, sedangkan analisa data menggunakan model interaksi Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan : (1) KTSP di MAN 2 Madiun, dalam pelaksanaan melalui beberapa rangkaian yang membentuk siklus, yaitu perencanaan KTSP yang dilakukan pada awal tahun pelajaran, pelaksanaan atau implementasi KTSP yang dilakukan para komponen sekolah, monitoring yang dilakukan pengawas dinas pendidikan, (2) gambaran kinerja guru MAN 2 Madiun, dapat dilihat dari kemampuan perencanaan pembelajaran, yakni pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kemampuan proses pembelajaran, interaksi antara peserta didik dengan pendidik, antar peserta didik dan antara peserta didik dengan aneka sumber belajar, kemampuan evaluasi pembelajaran teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik, (3) konsepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk pengembangan kinerja guru MAN 2 Madiun ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran serta evaluasi hasil belajar.