IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM RANGKA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU di SD N SITIREJO 02 KECAMATAN WAGIR KABUPATEN MALANG
Main Author: | Sadek, Rahmania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30425/1/jiptummpp-gdl-rahmaniasa-33893-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30425/2/jiptummpp-gdl-rahmaniasa-33893-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30425/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru di SD N 02 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Desain yang digunakan adalah penelitian kebijakan sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, dan guru di SD N 02 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Teknik yang digunakan yaitu dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru di SD N 02 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yaitu menentukan jadwal supervisi, dan instrumen supervisi akademik. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru di SD N 02 Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yakni dasar operasional dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah dan pelaksanaan teknis adalah program supervisi semester disesuaikan dengan visi misi sekolah. Tujuan supervisi adalah (1) sebagai umpan balik yang objektif bagi kepala sekolah dan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran; (2) membantu guru dalam memecahkan permasalahan dalam proses kegiatan pembelajaran; (3) membina professionalisme guru; (4) menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih baik. Sasaran supervisi adalah semua guru. Teknik supervisi yaitu pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Hasil supervisi terkait dengan administrasi kelas, evaluasi belajar, dan proses belajar mengajar maupun kemampuan dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar ada yang sangat baik dan cukup. Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru di SD N Sitirejo 02 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yaitu kemampuan guru dalam menyusun administrasi kelas, evaluasi belajar, dan proses belajar mengajar semua guru telah menyempurnakan dan melengkapinya. Upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan kegiatan pembinaan, mengikuti kegiatan KKG, mengikutsertakan guru dalam kegiatan seminar, meningkatkan keterampilan guru di bidang IT dan mengadakan kunjungan atau studi banding, mengadakan pelatihan teknik penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah.