ANALISA FAKTOR PSIKOLOGIS YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO

Main Author: Hidayat, Candra Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30420/1/jiptummpp-gdl-candrawahy-33874-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30420/2/jiptummpp-gdl-candrawahy-33874-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30420/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : (1) Untuk menganalisis dan menguji faktor-faktor psikologis (motivasi, persepsi, sikap dan gaya hidup) yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sepeda motor Yamaha Mio di Dealer Blimbing Motor ; (2) Untuk mengetahui faktor yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sepeda motor Yamaha Mio di Dealer Blimbing Motor. Dalam penelitian ini lokasi berada di Dealer Blimbing Motor yang mana terdiri dari 100 responden yang karakteristiknya meliputi asal daerah, jenis kelamin, usia, pendidikan, jenis pekerjaan, dan pendapatan. Dalam hal ini ada 2 (dua ) jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pertanyaan yang didapat dari responden atau alat pengambilan data langsung pada subyek sebagai informasi yang dicari melalui kuiseoner. Data sekunder merupakan data yang diperoleh lewat orang lain, tidak langsung diperoleh dari subyek penelitian, baik dari kepustakaan, dealer sepeda motor, internet dan sumber sumber yang relevan. Analisis yang digunakan adalah analisis SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 100 responden tersebut dan setelah dianalisis menggunakan analisi SEM diketahui variable X1 (motivasi ) merupakan faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sepeda motor Yamaha Mio sedangkan yang kedua diikuti variable X2 (persepsi), sedangkan X3 (sikap) dan X4 (gaya hidup) bukan merupakan faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen.