PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Study Peserta di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Pasuruan)
Main Author: | Wijayanto, Nurhadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30415/1/jiptummpp-gdl-nurhadiwij-30727-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/30415/2/jiptummpp-gdl-nurhadiwij-30727-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30415/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan pada peserta program Jamsostek; 2) Untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh kepuasan pelanggan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) pada peserta program Jamsostek; 3) Untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) pada peserta program Jamsostek; dan 4) Untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) apabila melalui kepuasan pelanggan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Struktural Equation Modelling (SEM) dan merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu metode angket dan interview, Sedangkan populasinya adalah peserta program Jamsostek yang di wakili oleh HRD/Personalia di masing masing perusahaan sejumlah 1.146 perusahaan dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 115 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik memberi pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada peserta program Jamsostek, dengan rincian bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, dan bukti fisik memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sementara variabel orang dan proses tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2) Kepuasan pelanggan memberikan pengaruh terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) pada peserta program Jamsostek. 3) Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik memberikan pengaruh terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) pada peserta program Jamsostek. 4) Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik tidak memberikan pengaruh terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM) hal ini disebabkan pengaruh langsung yang lebih besar dari pengaruh tidak langsungnya, artinya kepuasan pelanggan tidak bersinergi dengan variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari 7p yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik memiliki pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap komunikasi dari mulut ke mulut (WOM).