PENETAPAN NILAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DENGAN TEKNIK DELPHI DI SMA NEGERI SE KABUPATEN PAMEKASAN

Main Author: Nasirullah, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30399/1/jiptummpp-gdl-mohammadna-30693-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30399/2/jiptummpp-gdl-mohammadna-30693-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30399/
Daftar Isi:
  • AdanyanilaiKriteriaKetuntasan Minimal (KKM)setiapmatapelajaranmerupakansalahsatumuatanpentingKurikulum TingkatSatuanPendidikan. Guru menetapkanKriteriaKetuntasan Minimal (KKM)matapelajarandenganmempertimbangkantigaaspekkriteria, yaitukompleksitas, dayadukungdankemampuanpesertadidik. Dalamimplementasinyasangatsulituntukmempertimbangkanketigaaspek di atas.MenurutWidodo (2009:1), dalamkenyataannyatidakjarangditemuinilai KKM yang ditetapkantidakdapatdipenuhikarenapenyusunandanpenetapannyakurangtepat. Sebagianbesar guru menetapkannilai KKM hanyaberdasarkanalasan agar mudahdicapaisiswadanterkesansemaunya, adajugasecaraspontanmenyebutsuatuangkaaman.UntukmengatasihaltersebutperludicarimetodebarusebagaialternatifuntukmenentukanKriteriaKetuntasan Minimal (KKM).Salah satumetode yang dapatditerapkanadalahTeknik Delphi.AdapuntujuanpenelitianiniadalahuntukmenetapkannilaiKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) denganTeknik Delphi di SMA Negeri seKabupatenPamekasan. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahPenelitiandanPengembangan (Research and Development).Respondensebanyak 7 orang guru diperolehdenganmenggunakanpurposive samplingyang berasaldari guru Mata PelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) SekolahMenengahAtasNegeri yang menjadianggota MGMP dantermasukdalamSekolahStandarNasional (SSN) sertamempunyailatarbelakangpendidikan S1 KomputeratauTeknikInformatika. Teknik Delphi putaranpertamabertujuanuntukmemintapendapat guru tentangkesesuaianantarasetiap item soal yang telahdibuatdenganindikator yang ada di silabus. Dari hasilanalisisterdapat 22 item soal yang sudahmencapaikonsensus, sedangkansisanyasebanyak7 item soalbelummencapaikonsensussehinggaperludilanjutkankeputarankedua. Dalamputarankedua, 7 item soaltersebutsudahmencapaikonsensus.Kemudiandilanjutkankeputaranketiga yang bertujuanuntukmemintapendapat guru untukmenilaisetiap item soaltersebut, jikaada 100 orang siswaberapapersensiswa yang dapatmenjawabpertanyaantersebutdenganbenar. Dari hasilanalisisputaranketiga, semua item soalsudahmencapaikonsensus.LangkahselanjutnyamenetapkanKKMdengancaradenganmenghitungnilai rata-rata setiap item soaldaripendapat guru yang sudahmencapaikonsensus di putaranketiga. Dalampenelitianinidiperolehhasilpenetapannilai KKM Mata PelajaranTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) Kelas X Semester Genapsebesar 82.