MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BIMA
Main Author: | ANTON, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30370/1/jiptummpp-gdl-anton20102-33640-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30370/2/jiptummpp-gdl-anton20102-33640-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30370/ |
Daftar Isi:
- Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis madrasah merupakan model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar pimpinan madrasah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga madrasah (kepala madrasah, guru, murid, karyawan) dan masyarakat (orang tua murid, tokoh masyarakat, ilmuwan, pemangku pendidikan dan sebagainya) untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penyusunan sasaran mutu pendidikan, implementasi manajemen berbasis madrasah pada proses belajar mengajar, dan pelaksanaan manajemen mutu pendidikan di MAN 2 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan mengklasifikasi seluruh data mentah, mengadakan reduksi data, menyusunnya kedalam satuan-satuan, melakukan penafsiran data dan selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini, ada tiga sebagaimana rumusan masalah yang telah ditetapkan sebelumnya. Pertama, dalam penyusunan sasaran mutu pendidikan di MAN 2 Kota Bima mengacu kepada visi, misi dan tujuan yang telah ditetapka sebelumnya. Penyusunan sasaran mutu pendidikan melibatkan semua unsur yang berkepentingan seperti warga madrasah dan masyarakat. Sasaran yang hendak dicapai selama empat tahun ke depan (2011-2014) mencakup; Sasaran bidang kurikulum dan pembelajaran, sasaran bidang sumber daya manusia, sasaran bidang sarana dan prasarana, sasaran bidang keuangan dan kepegawaian, sasaran bidang kesiswaan serta sasaran hubungan madrasah dengan masyarakat. Kedua, implementasi manajemen berbasis madrasah pada proses belajar mengajar ditandai dengan kemandiriannya dalam menyusun kegiatan dan program mandiri yang dilaksanakan, seperti meningkat mutu belajar siswa, menyusun kurikulum terpadu dan muatan lokal, menyiapkan pengajaran yang efektif dan menyediakan program pengembangan pribadi/karakter siswa. Ketiga, pelaksanaan manajemen mutu pendidikan di MAN 2 Kota Bima secara operasional di prioritaskan pada lima komponen manajemen, meliputi; manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan administrasi serta manajemen hubungan madrasah dan masyarakat. Jadi, dalam penyusunan sasaran, implementasi manajemen berbasis madrasah dan pelaksanaan manajemen mutu pendidikan di MAN 2 Kota Bima sudah sesuai dengan prinsip, ciri dan karakteristik manajemen berbasis sekolah/madrasah sebagaimana yang diatur dalam kebijakan pendidikan nasional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.