PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH TOLOBALI KOTA BIMA

Main Author: KAHARUDDIN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30366/1/jiptummpp-gdl-kaharuddin-33642-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30366/2/jiptummpp-gdl-kaharuddin-33642-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30366/
Daftar Isi:
  • Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena lebih dekat dan langsung berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan tiap-tiap sekolah. Kepemimpinan yang resmi di dalam pelaksanaannya selalu berada di atas landasan-landasan atau peraturan-peraturan resmi. Pada lembaga pendidikan formal, kepemimpinan di perankan oleh seorang kepala sekolah yang bertindak sebagai pendidik dan bertanggung jawab terhadap manajemen sekolah. Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin formal, maka seorang kepala sekolah di hadapkan pada persoalan-persoalan teknis manajerial sekolah serta dituntut untuk menjadi administrator yang handal untuk mengupayakan adanya kemajuan-kemajuan bagi sekolah yang dikelolanya. Kepala sekolah mempunyai tugas dan fungsi serta beberapa peranan yaitu sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membatasi pembahasan tesis ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: (a) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima, (b) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima, dan (c) Faktor apa yang mendukung meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima. Untuk memperoleh data tentang hal di atas, dalam tesis ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam mengelola data peneliti menggunakan analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan di sini bahwasanya peranan kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima adalah sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. Sedangkan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima, yaitu terkait dengan upaya mengatasi berbagai hambatan yang ada di sekolah tersebut, sehingga mencapai tujuan yang di cita-citakan. Beberapa kendala atau hambatan yang ada di sekolah tersebut adalah dari segi kualifikasi SDM guru, kualifikasi SDM siswa, kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mendukung meningkatkan Mutu pendidikan di SMA Muhammadiyah Tolobali Kota Bima, yaitu dari faktor tujuan, sarana dan prasana pendidikan, pendidik, peserta didik, lingkungan, dan kegiatan ekstarkurikuler.