EFEKTIFITAS IKLAN DI FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA PRODUK FASHION (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang)

Main Author: ISWADI, INDRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30350/1/jiptummb--indraiswad-27255-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30350/2/jiptummb--indraiswad-27255-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30350/
Daftar Isi:
  • Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang sangat popular. Facebook adalah situs web jaringan social di mana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan banyaknya pengguna facebook, tidak jarang pula yang mengembangkan fungsi utama dari jejaring social ini. Misalnya memasang iklan untuk pengembangan bisnis mereka. Dari banyaknya iklan di facebook tersebut menarik peneliti untuk mengetahui pengaruh efektifitas iklan di facebook terhadap minat beli mahasiswa. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh dari efektifitas iklan di facebook terhadap minat beli mahasiswa dan seberapa besar pengaruh yang ditimbulkannya. Menurut Linggar Anggoro, Efektifitas adalah kemampuan sebuah pesan humas untuk mencapai tujuannya, misalnya membangkitkan minat khalayak atas sesuatu produk, membuat konsumen mengetahui dan mengingat-ingat produk tertentu, mengajak mereka untuk datang ke toko, atau bahkan mendorong mereka untuk membelinya (Anggoro, 2000: 307).. Secara sederhana iklan adalah sebagai informasi yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. (Kasali, 1992:9). Pengertian minat beli menurut Howard (1994) (Durianto dan Liana, 2004:44) adalah sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banya unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Sedangkan definisi operasional dari penelitian ini terbagi menjadi dua variabel yaitu variabel efektifitas iklan sebagai variabel X dan variabel minat beli sebagai variabel Y. Dalam penelitian ini, tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas No. 246, Malang dengan populasi adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi yang mengikuti semester pendek (SP) yang telah memenuhi kriteria populasi dengan jumlah 42 orang mahasiswa. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah sebagian dari wakil populasi, karena jumlah dari populasi ini kurang dari 100, maka dalam penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data pokok dan dokumentasi untuk mendapatkan sumber tentang referensi sesuai penelitian. Analisa data yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi linear sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh dan kuatnya hubungan dari efektifitas iklan di facebook terhadap minat beli mahasiswa. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, kesimpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara efektifitas iklan di facebook terhadap minat beli mahasiswa. Dari perhitungan koefisien determinasi efektifitas iklan di facebook memberikan sumbangan efektifitas sebesar 0,91% terhadap minat beli mahasiswa. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 91% akan dijelaskan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,090 atau 9%, dan bila dikonsultasikan interpretasi koefisien korelasi menunjukkan bahwa pengaruh antara efektifitas iklan di facebook dan minat beli mahasiswa masuk dalam interval koefisien 0,000– 0,199 dan termasuk dalam kategori sangat rendah.