PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH YANG BERMUTU DI MTs SURYA BUANA KOTA MALANG

Main Author: FATAH, ABDUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30330/1/jiptummpp-gdl-abdulfatah-30660-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30330/2/jiptummpp-gdl-abdulfatah-30660-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30330/
Daftar Isi:
  • Studi ini di latarbelakangi oleh adanya keprihatinan yakni masih banyaknya madrasah yang jauh dari harapan sebagai madrasah yang bermutu dan di antara salah satu penyebabnya adalah gagalnya kepemimpinan dalam suatu lembaga pendidikan baik di madrasah/sekolah. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam organiasi, baik buruknya organisasi seringkali sebagian besar tergantung dari faktor pemimpin. Pemimpin adalah seseorang yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi, memberi petunjuk dan juga mampu menentukan individu untuk mencapai tujuan organisasi. Seiring dengan itu pula bahwa pemimpin itu agen perubahan dengan kegiatan mempengaruhi orang-orang lebih daripada pengaruh orang-orang tersebut kepadanya. Begitu pula dengan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Surya Buana. Melalui penelitian ini akan dapat menjelaskan bagaimana perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang bermutu, yang dapat bersaing di tengah-tengah derasnya arus teknologi dan informasi, sehingga anggapan bahwa perilaku kepemimpinan kepala madrasah sebagai penyebab gagalnya mutu dari suatu lembaga pendidikan dapat terbantahkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data Mils dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan keiikutsertaan di lapangan, meningkatkan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah yang bermutu di MTs Surya Buana dapat meliputi Pertama, memiliki gagasan baru untuk inovasi kemajuan dan perkembangan madrasah, Kedua, kemampuan mengimplementasikan ide yang diharapkan berdampak positif bagi kemajuan lembaga. Ketiga, Kemampuan mengatur lingkungan kerja sehingga lebih kondusif bagi belajar siswa, untuk mendorong siswa semangat dalam belajar dan berpretasi yang berlandasarkan prinsip egaliter, membangun komitmen semua warga madrasah menuju terciptanya lingkungan yang kondusif yakni unggul dalam prestasi, terdepan dalam inovasi dan berwawasan lingkungan