Kompetensi Guru Aqidah Akhlak dalam Proses Interaksi Edukatif di MAN Tempursari Ngawi

Main Author: BAMBANG,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30325/1/jiptummpp-gdl-bambang091-30657-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30325/2/jiptummpp-gdl-bambang091-30657-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30325/
Daftar Isi:
  • Penelitian menitik beratkan tentang penerapan kompetensi guru aqidah akhlak dalam proses interaktif edukatif yang dilatar belakangi pada inti pelajaran agama yang membentuk akhlak Mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan kompetensi guru tentang interaksi edukatif (2) Problema-problema yang dihadapi dalam proses pembelajaran aqidah akhlak. (3) Upaya apa yang ditempuh oleh guru Aqidah Akhlak. Penelitian dilakukan di MAN Tempursari Ngawi Tahun Pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan tiga macam langkah, yaitu mengumpulkan data mentah, menyusun sebuah catatan dan mengelompokkan serta mengolah dalam bentuk naratif. Peneliti menyimpulkan bahwa (1) Penerapan kompetensi guru tentang interaksi edukatif menunjukkan kedisiplinan penguasaan materi yang memadai dalam pembelajaran aqidah akhlak. (2) Masalah yang dihadapi oleh guru adalah faktor murid dan guru. Tentang murid adalah keberagaman asal sekolah yang punya karakter berbeda dan yang memerlukan penanganan yang ekstra hati-hati dan harus tepat, sedangkan guru adalah opini yang cenderung menganggap murid tidak berprestasi. (3) Upaya yang dilakukan adalah melakukan pendekatan individual maupun klasikal serta membentuk grup studi Islam untuk menambah wawasan materi keagamaan.