PENGARUH TERPAAN IKLAN SAMPOERNA A MILD VERSI GO AHEAD BAYANGAN DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI (Studi Pada Komunitas Motor Vario Owner Club Malang)
Main Author: | LINDARTO, SELVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30288/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-selvilinda-23995-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30288/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-selvilinda-23995-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30288/ |
Daftar Isi:
- Televisi sebagai salah satu bentuk media untuk beriklan, hal ini dikarenakan televisi dipandang lebih efektif dalam menyampaikan pesan dan mempengaruhi masyarakat apabila dibandingkan dengan media massa lainnya. Dari berbagai macam media yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi. Terpaan iklan merupakan keadaan khalayak terkena oleh pesan-pesan yang disebarkan oleh media massa. Dari terpaan iklan akan terjadi perubahan pendapat, sikap, dan perilaku khalayak dari tanggapan terhadap informasi yang diberikan oleh media massa. Jadi terpaan iklan televisi rokok Sampoerna A Mild adalah suatu keadaan dimana khalayak sasaran, dalam hal ini Komunitas Vario Owner Club Malang terkena pesan komunikasi iklan Sampoerna A Mild yang berdampak bagi pengetahuan, sikap dan tingkah laku yang disampaikan melalui perantara media elektronik, yang dapat memancarkan suara dan gambar yaitu televisi. Terdapat dua model berbeda yang muncul dari respon terhadap iklan. Pertama, menyimpulkan bahwa khalayak harus diterpa oleh iklan beberapa kali agar sebuah iklan dapat efektif (frekuensi). Faktor yang kedua berhubungan dengan terpaan yang melibatkan sikap konsumen terhadap siklus yang panjang terhadap iklan yang sama (intensitas). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian explanatory yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian dan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Komunitas motor Vario Owner Club Malang yang merokok dan pernah melihat iklan televisi rokok Sampoerna A Mild versi Go Ahead bayangan minimum sebanyak 3 kali. Berdasarkan rumus Slovin dengan jumlah populasi dalam penelitian (N) sebanyak 105 anggota dan batas kesalahan 10% (0,1) maka diperoleh jumlah sampel sebesar 51 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu teknik sampling untuk memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Setelah melalui proses penelitian, kuesioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan korelasi product moment dan diuji reliabilitasnya dengan rumus Alpha. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dan membuktikan hipotesis pengaruh antar variavel dengan variabel lain. Berdasar pada hasil penelitian dapat diketahui apabila terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas Terpaan Iklan (X) terhadap variabel terikat Keputusan Pembelian (Y). Besar pengaruh terpaan iklan Sampoerna A Mild versi Go Ahead bayangan di televisi terhadap keputusan membeli oleh Komunitas motor Vario Owner Club Malang adalah sebesar 0,566. Hal ini diartikan bahwa variabel bebas, dalam hal ini yaitu Terpaan Iklan (X), menjelaskan variabel terikat berupa Keputusan Pembelian (Y) sebesar 56,6%, sedangkan sisanya 43,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa periklanan dapat digunakan untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan serta dapat membantu dan memberikan informasi kepada konsumen mengenai keberadaan suatu produk mengingat periklanan tersebut adalah komunikasi yang efektif dalam rangka mengubah sikap dan perilaku konsumen. Saran yang dapat diberikan secara akademis adalah mengaplikasikan teknik probability sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dimana peneliti tidak memberi memberi peluang yang sama kepada setiap anggota populasi yang diteliti untuk terpilih. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penjaringan anggota populasi, sehingga didapatkan anggota populasi yang memenuhi kriteria yang dapat digunakan sebagai anggota sampel dalam teknik penyamplingan yaitu teknik random sampling.