PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN DENGAN PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA MALANG

Main Author: Muttaqin, Muhammad Abdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30275/1/jiptummpp-gdl-muhammadab-30918-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30275/2/jiptummpp-gdl-muhammadab-30918-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30275/
Daftar Isi:
  • Skripsi yang berjudul “Pembentukan Perilaku Disiplin dengan Pendidikan Akidah Akhlak di MTs. Nurul Huda Malang” ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana Pembentukan Perilaku Disiplin dengan Pendidikan Akidah Akhlak dan bagaimana respon dari siswa-siswi MTs. Nurul Huda mengenai Pembentuk Perilaku Disiplin dengan Pendidikan Akidah Akhlak. Pemilihan Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda sebagai lokasi penelitian karena sekolah tersebut berbeda dengan Madrasah Tsanawiyah lainnya. Penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembentukan perilaku disiplin di sekolah yang berciri khas nilai-nilai keagamaan. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat membentuk perilaku disiplin siswa-siswi dengan pendidikan Akidah Akhlak dan memperluas wawasan pengetahuan tentang pentingnya hidup disiplin sesuai pendidikan agama dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah pendekatan kualitatif dengan obyek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru BP, Guru Akidah Akhlak dan Siswa-siwi kelas XI. Ciri khas pendekatan ini terletak pada tujuannya untuk mendeskripsikan suatu peristiwa dengan memahami makna dan gejala. Sedangkan pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data tersebut dapat diperoleh Pembentukan Perilaku Disiplin dengan Pendidikan Akidah Akhlak di MTs. Nurul Huda Malang. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini secara umum dapat diketahui terdapat pelanggaran bersifat ringan, yaitu terlambat ke sekolah dengan alasan yang berbeda-beda, seperti bangun kesiangan, jalanan macet dan lain-lain. Pembentukan perilaku disiplin dengan pendidikan Akidah Akhlak diharapkan lebih menanamkan rasa kedisiplinan yang tinggi disertai dengan pengetahuan agama. Sedangkan respon dari siswa-siswi kelas XI MTs. Nurul Huda Malang mengharapkan adanya peningkatan kedisiplinan sesuai dengan pendidikan Akidah Akidah Akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat dikemukakan suatu pemikiran tentang pembentukan perilaku disiplin dengan pendidikan Akidah akhlak secara komprehensif dan efektif.