PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI MELALUI METODE JIGSAW DI SMPN 13 MALANG

Main Author: ROHANA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30272/1/jiptummpp-gdl-rohana0811-30982-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30272/2/jiptummpp-gdl-rohana0811-30982-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30272/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi belajar siswa pada materi PAI melalui metode jigsaw, menentukan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode jigsaw dalam materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII SMPN 13 Malang. Pemilihan SMPN 13 Malang sebagai objek penelitian dilatarbelakangi hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dikarenakan ketidaksesuaian antara materi ajar dan metode ajar yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam materi PAI melalui metode jigsaw sudah cukup maksimal dilatarbelakangi oleh pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas. Gambaran umum metode jigsaw adalah pembelajaran yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok dan masing-masing kelompok bertanggung jawab atas penguasaan materi dan mampu mengajarkan materi tersebut ke anggota kelompok lain. Faktor pendukung dalam pelaksanaan jigsaw adalah siswa terlibat dalam penggunaan metode jigsaw dan mengikuti instruksi dari guru sehingga penerapan metode jigsaw terlaksana dengan baik. Faktor penghambat pelaksanaan metode jigsaw adanya beberapa siswa yang suka menganggu temannya pada saat pelajaran berlangsung dan ada sebagian siswa yang tidak peduli dengan kelompoknya sendiri.