PENGUNGKAPAN DIRI PADA REMAJA TUNADAKSA

Main Author: FEBRINA, ARITYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30219/1/jiptummpp-gdl-arityafebr-31249-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30219/2/jiptummpp-gdl-arityafebr-31249-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30219/
Daftar Isi:
  • PENGUNGKAPAN DIRI PADA REMAJA TUNADAKSA Aritya Febrina Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang febrinamad@yahoo.com Pengungkapan diri merupakan membagi perasaan dan informasi yang akrab dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengungkapan diri pada remaja tunadaksa. Subjek penelitian ini adalah 4 orang remaja penyandang tunadaksa yang masih duduk di bangku sekolah SMPLB Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Malang. Penelitian ini dilakukan selama 10 hari sejak tanggal 2 November sampai 12 November2012.Adapun penelitian ini menggunakan wawancara tidak terstruktur yaitu wawancara yang bebas dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya.Setelah wawancara dilakukan, peneliti memindahakan hasil rekaman berdasarkan wawancara dalam bentuk verbatim tertulis. Selanjutnya peneliti melakukan analisis data, interpretasi data, peneliti juga membuat dinamika psikologis dan kesimpulan. Selain itu Peneliti memberikan saran-saran untuk penelitian selanjutnya. Dari analisa data yang dilakukan diketahui gambaran pengungkapan diri remaja tunadaksabahwa S dan M lebih sering mengungkapkan tentang dirinya kepada buku harian dan tidak ingin mengungkapkan masalah pribadinyanya kepada orang lain termasuk pada ibu berbeda dengan VA dan H lebih sering mengungkapkan dirinya kepada ibu.S, VA, M, dan H lebih sering menceritakan tentang hobi kepada teman-temannya dan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal.