HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN

Main Author: Aribowo, Agus Marsudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30217/1/jiptummpp-gdl-agusmarsud-31325-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30217/
Daftar Isi:
  • Banyak faktor untuk mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan, salah satunya dengan kebiasaan belajar yang dilakukan setiap harinya disekolah maupun ketika berada di asrama. Desain penelitian yang digunakan adalah desain non-eksperimen kuantitatif dengan menggunakan skala kebiasaan belajar dan dokumentasi berupa Raport. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 35 santri yang berasal dari sekolah umum 18 (51,4%) diantaranya memiliki kebiasaan belajar yang buruk, sedangkan 17 (48,6%) lainnya memiliki kebiasaan belajar yang baik. Penelitian ini ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar santri pada mata pelajaran agama Islam sebesar r;0,557 pada taraf signifikansi 0,001, jadi semakin tinggi kebiasaan belajar santri maka semakin tinggi pula prestasi belajar santri pada mata pelajaran agama Islam, begitu juga sebaliknya semakin rendah kebiasaan belajar santri maka prestasi belajar santri pada mata pelajaran agama Islam juga semakin rendah.