PENYESUAIAN SOSIAL SISWA REGULER PADA TEMAN SEBAYA ABK

Main Author: Kumalasari, Ratih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30208/1/jiptummpp-gdl-ratihkumal-29331-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30208/2/jiptummpp-gdl-ratihkumal-29331-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30208/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (1) Dra. Siti Suminarti Fasikhah, M.Si (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi., M.Psi. Remaja sebagai makhluk sosial yang hidup berkelompok diharapkan dapat berinteraksi dengan yang lain agar dapat dikatakan sebagai individu yang dapat menyesuaikan diri dengan baik sesuai tahap perkembangan dan usianya. Salah satu tugas perkembangan masa remaja yang penting adalah yang berhubungan dengan penyesuaian sosial. Remaja harus menyesuaikan dengan orang-orang di luar lingkungan keluarga dan sekolah. Selain itu remaja juga dituntut untuk dapat melakukan penyesuaian sosial pada teman sebaya ABK yang juga berpengaruh penting dalam kehidupan mereka. Berdasarkan penjelasan diatas, maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang unggul dalam penyesuaian sosial siswa reguler pada teman sebaya ABK secara keseluruhan, ditinjau dari jenis kelamin, usia dan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa-siswi reguler yang di kelasnya terdapat anak berkebutuhan khusus. Subjek penelitian berjumlah 70 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Teknik analisa data menggunakan T-score kemudian dilanjutkan dengan presentase, Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa aspek-aspek yang unggul atau menonjol dalam penyesuaian sosial siswa reguler pada teman sebaya ABK adalah secara keseluruhan, aspek dari penyesuaian sosial yang paling menonjol adalah aspek kepuasan pribadi. Sedangkan ditinjau dari jenis kelamin pada laki-laki aspek yang paling menonjol adalah aspek kepuasan pribadi, sedangkan pada perempuan aspek yang paling menonjol adalah aspek sikap sosial. Ditinjau dari usia, aspek yang paling menonjol pada usia 12-13 tahun dan usia 14-15 tahun adalah aspek kepuasan pribadi. Sedangkan ditinjau dari kelas, aspek yang paling menonjol pada kelas 7C dan 8B adalah aspek kepuasan pribadi.