HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI KERJA (Studi pada karyawan operator PLTA Selorejo Ngantang – Mal

Main Author: Reni, Ika Sulistyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30164/1/jiptummpp-gdl-ikasulisty-29647-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30164/2/jiptummpp-gdl-ikasulisty-29647-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30164/
Daftar Isi:
  • Keyword : Persepsi, EfektivitasKomunikasi Interpersonal, MotivasiKerja Penelitian ini adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh karyawan yang bekerja diPLTA Selorejo Ngantang - Malangyang berjumlah 30 orang, yang diambil dengan teknik sampel total sampling. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, ada 2 skala yang digunakan yaitu skala persepsi terhadap efeektivitas komunikasi interpersonal dan skala motivasi kerja, untuk metode analisa data dengan menggunakan teknik uji korelasiProduct Moment. Dari analisa data yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa(r = 0,495 dan P = 0,000) hal ini menunjukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja, artinya pada karyawan yang memiliki persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal yang positif ditemukan jugamotivasi kerja yang tinggi, dan sebaliknya pada karyawan yang memiliki persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal negatif ditemukan motivasi kerja yang rendah.Dan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja karyawan, artinya persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal mempunyai hubungan terhadap motivasi kerja karyawan. Hasil perhitungan koefisien determinan variabel (r2) diperoleh 0,245 atau sebesar 24,5% yang menandakan bahwa persepsi terhadap efektivitas komunikasi interpersonal memiliki sumbangan efektif terhadap motivasi kerja sebesar 24,5%, sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam variabel penelitian ini.