HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP

Main Author: RENANDA, SHINTA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30126/1/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30126/2/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30126/
ctrlnum 30126
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/30126/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP</title><creator>RENANDA, SHINTA</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Pembimbing : (1) Yudi Suharsono M.Si. (2) Ni'Matuzzahroh S.Psi,M.Si&#xD; &#xD; &#xD; Ujian nasional merupakan sesuatu yang diwajibkan bagi para siswa sebagai persyaratan kelulusan. Ujian Nasional seringkali ditanggapi serius oleh para siswa khususnya mereka yang duduk di bangku Sekolah Menegah Umum. Dari sini maka muncullah kecemasan dari siswa-siswa yang akan menghadapi ujian nasional. Salah satu faktor yang menyebabkan kecemasan adalah konsep diri. konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri.ecemasan adalah kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar, yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. Keadaan emosi ini tidak memiliki objek yang spesifik.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantityatif korelasional dengan subjek siswa kelas 3 SMP yang berjenis kelamin laki &#xC2;&#x2013; lakin dan perempuan berusia antara 14 tahun sampai 15 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunaka teknik Insidental dimanna siapa saja yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian, asalkan ada hubungannya dengan tema penelitian.Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala yaitu skala konsep diri dan skala kecemasan. Dimana skala konsep diri menggunakan 3 komponen konsep diri dari Hurlock yaitu conceptual, perceptual dan attitudinal.Sedangkan skala kecemasan menggunakan jenis kecemasan menyeluruh seperti kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan, kekhawatiran yang sulit dikendalikan dan siswa mengalami tiga atau lebih diantara hal-hal berikut ketidaksabaran, tidak mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi.&#xD; &#xD; Berdasarkan penelitian yang didapatkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri dan kecemasan dimana r sebesar -0,070 dengan 0,455 &gt; 0,05 . Siswa yang konsep dirinya tinggi, kecemasan tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang rendah. Sedangkan Siswa dengan konsep diri rendah kecemasan rendah lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang tinggi.</description><date>2012-11-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30126/1/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30126/2/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-1-pendahul-n.pdf</identifier><identifier> RENANDA, SHINTA (2012) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>30126</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RENANDA, SHINTA
title HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) PADA SISWA KELAS 3 SMP
publishDate 2012
topic BF Psychology
url http://eprints.umm.ac.id/30126/1/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30126/2/jiptummpp-gdl-shintarena-29840-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30126/
contents Pembimbing : (1) Yudi Suharsono M.Si. (2) Ni'Matuzzahroh S.Psi,M.Si Ujian nasional merupakan sesuatu yang diwajibkan bagi para siswa sebagai persyaratan kelulusan. Ujian Nasional seringkali ditanggapi serius oleh para siswa khususnya mereka yang duduk di bangku Sekolah Menegah Umum. Dari sini maka muncullah kecemasan dari siswa-siswa yang akan menghadapi ujian nasional. Salah satu faktor yang menyebabkan kecemasan adalah konsep diri. konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri kita sendiri.ecemasan adalah kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar, yang berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya. Keadaan emosi ini tidak memiliki objek yang spesifik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantityatif korelasional dengan subjek siswa kelas 3 SMP yang berjenis kelamin laki – lakin dan perempuan berusia antara 14 tahun sampai 15 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunaka teknik Insidental dimanna siapa saja yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian, asalkan ada hubungannya dengan tema penelitian.Metode pengumpulan data menggunakan 2 skala yaitu skala konsep diri dan skala kecemasan. Dimana skala konsep diri menggunakan 3 komponen konsep diri dari Hurlock yaitu conceptual, perceptual dan attitudinal.Sedangkan skala kecemasan menggunakan jenis kecemasan menyeluruh seperti kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan, kekhawatiran yang sulit dikendalikan dan siswa mengalami tiga atau lebih diantara hal-hal berikut ketidaksabaran, tidak mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi. Berdasarkan penelitian yang didapatkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri dan kecemasan dimana r sebesar -0,070 dengan 0,455 > 0,05 . Siswa yang konsep dirinya tinggi, kecemasan tinggi lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang rendah. Sedangkan Siswa dengan konsep diri rendah kecemasan rendah lebih banyak dibandingkan dengan kecemasan yang tinggi.
id IOS4109.30126
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:48:12Z
last_indexed 2017-03-21T02:48:12Z
recordtype dc
_version_ 1675924339152650240
score 17.538404