HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG HARGA DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK KARTU SELULAR (Studi pada Pengguna Produk Telkomsel, Indosat dan Excelcomindo)

Main Author: Ismunandar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30108/1/jiptummpp-gdl-ismunandar-31282-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30108/2/jiptummpp-gdl-ismunandar-31282-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30108/
Daftar Isi:
  • Pembimbing : (1) Dra. Djudiyah, M.Si. (2) Tri Muji Ingarianti, S.Psi, M.Psi. Kehadiran kartu selular atau SIM (Subscriber Identity Module) di Indonesia membuat peluang bisnis di bidang telekomunikasi selular terbuka lebar, sehingga tidak dapat dihindari lagi banyaknya bermunculan produk-produk dari kartu selular dan persaingan antar operator selular pun tidak dapat dielakkan. Salah satunya adalah persaingan dalam menawarkan harga. Masyarakat menjadi pintar dan realistik, dengan mempertimbangkan faktor harga yang murah dalam memilih layanan selular. Mereka menjadi tidak loyal dengan suka berpindah layanan selular guna mencari harga yang lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang harga dengan loyalitas konsumen kartu selular. Jika konsumen memiliki persepsi yang positif tentang harga kartu selular maka loyalitas konsumen tinggi dan sebaliknya jika konsumen memiliki persepsi yang negatif tentang harga kartu selular maka loyalitas konsumen rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kartu selular dari tiga perusahaan besar di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat, dan Excelcomindo pada wilayah Landungsari Malang dengan sampel berjumlah 150 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala persepsi tentang harga dan skala loyalitas konsumen dengan model Likert. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program komputer SPSS 13.00 for windows. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara persepsi tentang harga dengan loyalitas konsumen kartu selular dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,609 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,000. Hal ini berarti semakin positif persepsi tentang harga maka loyalitas konsumen kartu selular tinggi, begitu juga sebaliknya semakin negatif persepsi tentang harga maka loyalitas konsumen kartu selular rendah. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian ini terbukti atau diterima. Sumbangan efektif persepsi tentang harga terhadap loyalitas konsumen sebesar 37% sedangkan sisanya 63% ditentukan oleh faktor-faktor lain yaitu citra merk, kenyamanan dan kemudahan memperoleh produk, kepuasan, pelayanan, serta garansi dari produk.