HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP FASILITAS RUMAH SAKIT DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RSI ‘AISYIYAH NGANJUK
Main Author: | Istiqomah, Hamidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30093/1/jiptummpp-gdl-hamidahist-28493-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/30093/2/jiptummpp-gdl-hamidahist-28493-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30093/3/jiptummpp-gdl-hamidahist-28493-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/30093/4/jiptummpp-gdl-hamidahist-28493-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30093/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing : (1) Dra. Djudiyah, M.Si (2) M. Salis Yuniardi, S.Psi, M.Psi Persepsi terhadap fasilitas rumah sakit memiliki peranan penting dalam menumbuhkan loyalitas pasien. Seorang konsumen mempunyai persepsi yang positif apabila apa yang ia lihat sesuai dengan informasi dan pengalaman yang didapatnya, dan seorang konsumen yang mempunyai persepsi yang negatif apabila apa yang ia lihat tidak sesuai dengan informasi dan pengalaman yang didapatnya. Di mana loyalitas yang dirasakan oleh pasien bukanlah terjadi dengan sendirinya tetapi itu dikarenakan harapan-harapan yang diinginkan oleh pasien terpenuhi. Seorang pasien yang loyal akan kembali lagi ke rumah sakit sebelumnya untuk menggunakan jasanya dan pasien yang loyal akan mengatakan hal-hal yang positif tentang rumah sakit tersebut dan merekomendasikannya ke calon konsumen yang lain untuk menggunakan jasa rumah sakit tersebut. Dalam hal ini persepsi terhadap fasilitas rumah sakit merupakan salah satu faktor yang menentukan loyalitas pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap fasilitas rumah sakit dengan loyalitas pasien di RSI ‘Aisyiyah Nganjuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap yang menggunakan jasa pelayanan RSI ‘Aisyiyah Nganjuk. Cara mengambil subyek penelitian memakai teknik accidental sampling dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang pada tanggal 10-11 Februari 2012. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala persepsi terhadap fasilitas rumah sakit dan loyalitas pasien. Adapun metode analisa data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS13.00 for window. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r)= 0,576 (P)= 0,000 yang artinya ada hubungan positif dan sangat signifikan antara persepsi terhadap fasilitas rumah sakit dengan loyalitas pasien. Artinya bila persepsi terhadap fasilitas rumah sakit positif maka semakin tinggi loyalitas pasien dan apabila persepsi terhadap fasilitas rumah sakit negatif maka semakin rendah loyalitas pasien. Koefisien determinan variabel ( ) persepsi terhadap fasilitas rumah sakit dan loyalitas pasien adalah 0,332. Hal ini menunjukkan persepsi terhadap fasilitas rumah sakit memberikan sumbangan efektif terhadap loyalitas pasien sebesar 33,2%, sedangkan sisanya 66,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.