HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN EFEKTIVITAS HUBUNGAN INTERPERSONAL PADA KARYAWAN
Main Author: | Sari, Dini Yunita Ayunda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30063/1/jiptummpp-gdl-diniyunita-28645-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30063/2/jiptummpp-gdl-diniyunita-28645-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30063/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing : (I) Dr. Diah Karmiyati, Psi,. (II) Zakarija Achmad M.Si. Hubungan interpersonal sangat penting, karena membantu karyawan untuk saling memiliki pengertian dengan yang lainnya. Manfaat utama adalah untuk bekerja sama dalam satu tim. Hubungan interpersonal yang dibina baik oleh karyawan, mereka pasti cenderung akan bekerja sama menuju tujuan yang ditentukan. Karena harga dini adalah salah satu faktor yang sangat menentukan sikap dan prilaku individu. Dapat dikatakan bahwa semakin tinggi harga diri seseorang maka akan efektif pula dalam hubungan interpersonalnya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada hubungan antara harga diri dengan efektivitas hubungan interpersonal pada karyawan . Penelitian ini dilakukan terhadap 100 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Quota Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala Harga Diri dengan skala Efektivitas Hubungan Interpersonal. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment Hasil penelitian diketahui nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,621 , koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,386 dan probablilitas kesalahan (p) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan efektivitas hubungan interpersonal pada karyawan. Hal ini menunjukan bahwa karyawan yang memiliki harga diri tinggi semakin baik efektivitas hubungan interpersonalnya, sebaliknya karyawan yang memiliki harga diri rendah maka semakin rendah efektivitas hubungan interpersonalnya. Adapun sumbangan efektif harga diri terhadap efektivitas hubungan interpersonal sebesar 38,6% , sisanya sebesar 61,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.