HUBUNGAN ANTARA STORE IMAGE DENGAN LOYALITAS KONSUMEN
Main Author: | ARDILA, DICE TRIAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30056/1/jiptummpp-gdl-dicetriana-28654-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30056/2/jiptummpp-gdl-dicetriana-28654-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30056/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing : (1) Hudaniah, M.Si., Psi (2) Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Para konsumen dewasa ini dihadapkan dengan berbagai pilihan produk dan jasa yang berkembang terus menerus. Bahkan dalam satu produk barang atau jasa yang sama, bisa didapatkan di toko yang berbeda sehingga para konsumen dapat memilih toko mana yang akan mereka datangi sesuai dengan harapannya masing-masing. Dengan berbagai persaingan yang ada tentu saja toko harus memiliki keunggulan dan keunikan yang berbeda dibanding toko lain. Keunggulan suatu produk adalah tergantung dari keunikan serta kualitas yang diperlihatkan oleh toko tersebut. Dalam hal ini peran konsumen sangat menentukan tumbuh kembangnya suatu toko, sehingga toko merasa perlu mengembangkan berbagai kiat agar mendapatkan konsumen yang loyal untuk jangka panjang. Loyalitas konsumen adalah keinginan konsumen melakukan pembelian ulang. Pentingnya loyalitas konsumen bagi toko adalah toko mendapatkan banyak keuntungan. Diketahui bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah citra (image). Store image sebagai apa yang dipikirkan konsumen tentang suatu toko. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara store image dan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara store image dengan loyalitas konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen. Tempat penelitian dilakukan di toko busana Mayang Collection dan dilakukan selama dua minggu. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah 62 konsumen toko busana Mayang Collection yang terpilih berdasarkan teknik insidental sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan dua skala, yaitu skala store image dan loyalitas konsumen. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh r=0,653 dengan nilai probabilitas kesalahan (p)=0,000 yang berarti hubungan positif antara store image dengan loyalitas konsumen, dimana semakin positif store image konsumen maka akan semakin tinggi pula loyalitas konsumen. Sebaliknya semakin negatif store image konsumen maka akan semakin rendah pula loyalitas konsumen. Adapun koefisien determinan variabel (rÂ2) store image dengan loyalitas konsumen adalah sebesar 0,426. Dengan demikian sumbangan efektif dari store image dengan loyalitas konsumen adalah sebesar 42,6%, sedangkan sisanya sebesar 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu value atau nilai (harga dan kualitas), convenience and Availabity (kenyamanan dan kemudahan), satisfaction (kepuasan), service (pelayanan), guarantee or warranty (garansi atau perbaikan produk).