FOLLOWERSHIP DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Main Author: Asmoro, Yudha Prayogo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30040/1/jiptummpp-gdl-yudhaprayo-28678-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30040/2/jiptummpp-gdl-yudhaprayo-28678-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30040/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (1). Zakarija Achmat, S.Psi. M.Si (2). Trimuji Ingarianti, S.Psi. M.Si Followership adalah kemampuan individu untuk berkomitmen serta diakui untuk mengikuti arahan dan mendukung upaya seorang pemimpin secara efektif untuk dapat memaksimalkan sebuah organisasi dengan berdasarkan visi-misi organisasi, budaya dan nilai-nilai yang disepakati bersama antara pemimpin dan pengikut. Followership tidak akan lepas dari individu itu sendiri, termasuk dari jenis kelaminnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan followership jika ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah individu yang tercatat sebagai karyawan pada sebuah perusahaan. Teknik sampling yang digunakan untuk pengambilan data adalah convenience sampling. Data diungkap menggunakan skala followership yang terdiri dari 45 item. Teknik analisa data yang dignakan adalah menggunakan teknik T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t sebesar 2,848 dengan p = 0,006. Berdasarkan nilai tersebut, maka hipotesis penelitian diterima yang artinya ada perbedaan followership yang sangat signifikan ditinjau dari jenis kelamin. Karyawan berjenis kelamin perempuan memiliki followership yang lebih baik yaitu (x ̅ = 122,33) dari pada karyawan berjenis kelamin laki-laki yaitu (x ̅ = 113,50).