IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA GURU ABK DI PAUD INKLUSI PERMATA PROBOLINGGO

Main Author: Pohan, Fuad Hatta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30012/1/jiptummb--fuadhattap-27780-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30012/2/jiptummb--fuadhattap-27780-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30012/
ctrlnum 30012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/30012/</relation><title>IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA GURU ABK DI PAUD INKLUSI PERMATA PROBOLINGGO</title><creator>Pohan, Fuad Hatta</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Tanggung jawab pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah terletak ditangan pendidik, yaitu guru ABK. Guru ABK merupakan salah satu komponen pendidikan yang secara langsung mempengaruhi tingkat keberhasilan anak berkebutuhan khusus dalam menempuh perkembangannya. Guru ABK dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi, kesehatan fisik dan mental yang baik dalam bekerja karena mereka melakukan tugas fungsional yaitu mengajar satu per satu siswanya dengan penuh kesabaran dan melakukan tugas administrasi. Berbeda dengan guru di sekolah biasa, menjadi guru ABK merupakan&#xC2;&#x201D;panggilan hati&#xC2;&#x201D; karena tugasnya berat dan menuntut komitmen penuh. Mengembangkan kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus yang umumnya tertutup memerlukan kiat-kiat yang lebih bervariasi agar keinginan dan kebutuhan mereka dapat diketahui dan dipenuhi secara tepat. Secara umum, tuntutan untuk menjadi guru ABK lebih berat daripada menjadi guru sekolah biasa, sehingga tidak jarang guru ABK mengalami problematika dalam proses kegiatan belajar mengajar.&#xD; &#xD; Penelitian ini dilakukan di PAUD Inklusi Permata Probolinggo dengan judul Identifikasi Problematika Guru ABK di PAUD Inklusi Permata. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu adalah untuk mengetahui problematika yang dialami guru ABK di PAUD Inklusi Permata Probolinggo. Dalam metode penggumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah guru ABK di PAUD Inklusi Permata. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendikripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.&#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang sering dihadapi oleh Guru ABK di PAUD Inklusi Permata adalah kebingungan guru ABK ketika terjun langsung menghadapi masalah ABK karena latar pendidikan yang berbeda dari profesi sebagai guru ABK. Kurang sabarnya guru ABK menghadapi anak yang lambat memahami materi. Selain itu orang tua ABK lebih sering memasrahkan kemajuan anaknya ke pihak guru dan orang tua jarang mengajari anak mereka dirumah. Jika saat berada dirumah anak ABK dibiarkan bermanja-manja pada orang tua sehingga jarang dilakukan pembelajaran ulang.</description><date>2012-03-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30012/1/jiptummb--fuadhattap-27780-2-babi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/30012/2/jiptummb--fuadhattap-27780-1-pendahul-n.pdf</identifier><identifier> Pohan, Fuad Hatta (2012) IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA GURU ABK DI PAUD INKLUSI PERMATA PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>30012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pohan, Fuad Hatta
title IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA GURU ABK DI PAUD INKLUSI PERMATA PROBOLINGGO
publishDate 2012
topic BF Psychology
url http://eprints.umm.ac.id/30012/1/jiptummb--fuadhattap-27780-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30012/2/jiptummb--fuadhattap-27780-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30012/
contents Tanggung jawab pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah terletak ditangan pendidik, yaitu guru ABK. Guru ABK merupakan salah satu komponen pendidikan yang secara langsung mempengaruhi tingkat keberhasilan anak berkebutuhan khusus dalam menempuh perkembangannya. Guru ABK dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi, kesehatan fisik dan mental yang baik dalam bekerja karena mereka melakukan tugas fungsional yaitu mengajar satu per satu siswanya dengan penuh kesabaran dan melakukan tugas administrasi. Berbeda dengan guru di sekolah biasa, menjadi guru ABK merupakan”panggilan hati” karena tugasnya berat dan menuntut komitmen penuh. Mengembangkan kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus yang umumnya tertutup memerlukan kiat-kiat yang lebih bervariasi agar keinginan dan kebutuhan mereka dapat diketahui dan dipenuhi secara tepat. Secara umum, tuntutan untuk menjadi guru ABK lebih berat daripada menjadi guru sekolah biasa, sehingga tidak jarang guru ABK mengalami problematika dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di PAUD Inklusi Permata Probolinggo dengan judul Identifikasi Problematika Guru ABK di PAUD Inklusi Permata. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu adalah untuk mengetahui problematika yang dialami guru ABK di PAUD Inklusi Permata Probolinggo. Dalam metode penggumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informannya adalah guru ABK di PAUD Inklusi Permata. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendikripsikan dan mengintepretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang sering dihadapi oleh Guru ABK di PAUD Inklusi Permata adalah kebingungan guru ABK ketika terjun langsung menghadapi masalah ABK karena latar pendidikan yang berbeda dari profesi sebagai guru ABK. Kurang sabarnya guru ABK menghadapi anak yang lambat memahami materi. Selain itu orang tua ABK lebih sering memasrahkan kemajuan anaknya ke pihak guru dan orang tua jarang mengajari anak mereka dirumah. Jika saat berada dirumah anak ABK dibiarkan bermanja-manja pada orang tua sehingga jarang dilakukan pembelajaran ulang.
id IOS4109.30012
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:48:10Z
last_indexed 2017-03-21T02:48:10Z
recordtype dc
_version_ 1675924338500435968
score 17.538404