PERILAKU BELAJAR PADA ANAK AUTIS PRASEKOLAH DI TKLB PUTRA JAYA

Main Author: Putriasani, Mita Deviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30010/1/jiptummb--mitadevian-27782-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30010/2/jiptummb--mitadevian-27782-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30010/
Daftar Isi:
  • Penyandang autis autisme pada dasarnya seseorang yang cenderung menikmati kegiatan dengan dirinya sendiri. Ibaratnya, mereka melakukan auto imagination, auto-activity, auto interested, dan lain sebagainya. Dengan kata lain mereka kurang atau tidak mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain, bahkan menatap mata orang yang mengajaknya bicara pun jarang mereka lakukan. Karena mereka lebih senang beraktivitas dengan pikiran dan perasaannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar pada anak autis prasekolah di TKLB Putra Jaya. Metode pengumpulan data melalui observasi wawancara, dengan informannya adalah terapis di TKLB Putra Jaya Malang. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendikripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek tampak tidak bersemangat pada saat datang kesekolah. Selain itu subyek tampak tidak memperhatikan ketika guru menerangkan pelajaran, karena mereka sibuk pada diri sendiri. Hanya pada sesi terapi perilaku saja subyek dapat mengerjakannya dengan baik dan benar.