KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK FASHION DI KALANGAN MAHASISWA
Main Author: | Nilasari, Desi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30004/1/jiptummb--desinilasa-27954-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30004/2/jiptummb--desinilasa-27954-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30004/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing (1) Drs. Tulus Winarsunu, M.Si (2) Zakarija Achmat S.Psi, M.Si Perilaku pembelian konsumen pada dasarnya merupakan proses memilih, membeli dan menggunakan produk untuk memenuhi kebutuhan. Kondisi tersebut diperlukan untuk mengetahui dan memahami sifat konsumen dengan baik sehingga produk yang ditawarkan dapat laku terjual dan konsumen loyal terhadap produk yang dihasilkan. Konsumen hidup dalam sebuah lingkungan yang kompleks. Keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari dalam diri sendiri, maupun dari luar diri atau lingkungannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan mendeskripsikan atau menjabarkan tentang keputusan membeli produk fashion di kalangan mahasiswa. Jumlah subyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 orang. Subyek penelitian adalah mahasiswa dengan usia 19 tahun. Lokasi penelitian yaitu di Universitas Muhammadiyah Malang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Setelah dilakukan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa subyek I dalam keputusan pembeliannya lebih mengarah pada keputusan secara emosi. Hal tersebut terlihat dari subyek dalam melakukan pembelian tanpa melakukan pertimbangan terutama mengenai anggaran atau anggaran biaya yang harus dikeluarkan. Subyek II dalam melakukan pembelian lebih mengarah ke ekonomis, yang dikarenakan keputusan pembeliannya selalu mempertimbangkan besarnya biaya atau anggaran dalam pemenuhan kebutuhan.