PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESTORAN X DI KOTA MALANG
Main Author: | Metasari, Sindi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29968/1/jiptummpp-gdl-sindimetas-29946-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29968/2/jiptummpp-gdl-sindimetas-29946-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29968/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing: (1) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si (2) Mochamad Shohib, S.Psi, M.Si Restoran dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk menyediakan makanan sendiri. Berbagai macam pelayanan diberikan sebuah restoran dalam memanjakan konsumennya seperti memberikan kenyamanan. Karena saat ini, restoran bukan hanya dijadikan sebagai tempat makan dan minum saja, bahkan sering dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga, berkumpul dengan teman-teman dan tempat pertemuan dengan relasi bisnis. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memfokuskan penelitian tentang persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan subyek 72 orang dengan persyaratan yakni subyek yang ditemui itu cocok sebagai sumber data. Untuk mengetahui persepsi terhadap kualitas pelayanan, penelitian ini mengunakan satu macam skala yang di ukur dengan item yang terdiri dari pernyataan favourable dan unfavourable dan mempunyai indikator antara lain; 1. Tangibles, 2. Reliability, 3. Responsiveness, 4. Assurance, 5. Empathy. Skala terkumpul dalam 3 hari, lalu di lakukan scoring dengan teknik analisa data mengguanakan rumus T-Scoredan dibantu dengan program SPSS 17.0 for windows.Dari hasil uji reliabilitas di ketahui variable persepsi terhadap kualitas pelayanan memiliki Cronchobach Alpha sebesar 0,874 > 0,60. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sebagian besar persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan restoran X di Kota Malang adalah positif yakni sebanyak 40 orang atau 55,6%.Hasil ini menunjukan bahwa para konsumen yang menerima pelayanan di restoran X di Kota Malang memiliki persepsi positif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh restoran X di Kota Malang. Artinya kualitas pelayanannya sudah dianggap cukup baik.