ANALISIS ISI TEMA-TEMA PEMBERITAAN DALAM PRESS RELEASE PADA WEBSITE PT. INDOSAT

Main Author: HERTANTY, INNE AYU EKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29697/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-inneayueka-22011-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29697/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-inneayueka-22011-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29697/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan dan perkembangan di bidang industri ini menuntut keahlian berbagai profesi, salah satunya profesi public relations. Karena telah menjadi kesadaran umum bahwa suatu perusahaan dituntut untuk membangun dan mempertahankan relasi. Dalam menterjemahkan dan mengimplementasikan tuntutan tersebut, kepiawaian public relations menjadi hal yang sangat kruisal bagi sebuah perusahaan. Pada umumnya humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non-komersial. Internet merupakan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Dengan adanya internet manusia bisa mencari segala macam informasi yang ada. Selain itu, internet bisa digunakan sebagai sarana komunikasi. Dengan internet, orang dari berbagai negara bisa mengakses informasi dengan cepat ketika otang tersebut sedang online. Dan internet sendiri bersifat dunia maya, tetapi orang dapat mengerti keberadaannya dengan pasti, informasi yang didapatkan pun akan sama meskipun orang tersebut mengakses dari negara yang berbeda ketika masyarakat tersebut memasuki suatu situs yang sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Tema-tema pemberitaan apa saja yang muncul dalam Press Release pada Website PT. Indosat?". Pemilihan media komunikasi yang sesuai dengan sasaran publik sangat penting dalam tahap persiapan dan penyebaran berita. Hal ini disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh media tersebut, sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Salah satu media yang menjadi pilihan banyak perusahaan atau organisasi dalam berkomunikasi kepada publiknya adalah media online. Dijelaskan oleh Simandjuntak, bahwa keberadaan dan pemanfaatan media online ini menjadi penting dengan alasan, yaitu pertama, perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi dapat membuat industri media massa mengalami perubahan-perubahan yang sangat cepat, sehingga komunikasi massa modern seperti radio, televisi, dan surat kabar menjadi ketinggalan jaman dan dianggap sebagai media tradisional dan konvensional. Kedua, media online sebagai media baru memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda dengan media konvensional (Simandjuntak, 2003:144). Penelitian ini akan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah isi tampilan website pada PT. Indosat dengan rubrik press release. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu: (a) data primer (2) data sekunder. Penelitian ini akan menggunakan metode analisis isi kuantitatif, dimana peneliti memfokuskan risetnya pada isi komunikasi yang tersurat. Disini peneliti ingin mengetahui "Seberapa tinggi frekuensi kemunculan press release yang dikomunikasikan melalui isi website dalam praktik public relations PT. Indosat" dalam menjalin dan mempertahankan hubungan dengan publiknya dan masyarakat pada umumnya Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tema-tema pemberitaan dalam press release pada website PT. Indosat adalah sebagai berikut: (1) Pada kategori tema tentang even (basic publicity release) sebanyak 7 kali kemunculan atau 50%. (2) Pada kategori tema tentang promo produk (basic publicity release) sebanyak 5 kali kemunculan atau 35,71%. (3) Pada kategori keuangan (basic publicity release) sebanyak 2 kali kemunculan atau 14,29%.