PENGARUH TERPAAN TAYANGAN IKLAN LAYANAN MAYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN SEKOLAH GRATIS TERHADAP PENINGKATAN STATUS SOSIAL EKONOMI (Study Pada Masyarakat RW.07 Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)

Main Author: Ciptasari, Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29690/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-yulianacip-22013-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29690/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-yulianacip-22013-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29690/
Daftar Isi:
  • Periklanan sebagai salah satu bentuk kegiatan komunikasi yang terkenal karena kemampuannya dalam mempengaruhi audiens. Pengiklan dapat berupa perusahaan swasta, pemerintah atau publik, dengan menggunakan media untuk mencapai sasarannya, tujuan dan penyampaian informasi. Pemerintah juga menggunakan sarana iklan untuk mensosialisasikan program-program pemerintah, dalam hal ini pada bidang pendidikan. Salah satunya adalah iklan layanan sekolah gratis oleh pemerintah. penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh terpaan tayangan iklan layanan masyarakat tentang pendidikan" sekolah gratis" di televisi dengan peningkatan status sosial ekonomi. Penelitian ini dilakukan terhadap kepala keluarga RW.07 Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang yang mempunyai anak usia sekolah wajib belajar 9 tahun dan Pernah menonton tayangan iklan layanan masyarakat sekolah gratis dengan populasi 164 kepala keluarga. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatif (eksplanatory research) adalah penelitian untuk menguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan dengan pendekatan kuantitatif ini menekankan dalam analisis data angka. Pemilihan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Simple random sampling data sampling sebanyak 110. Dengan metode Simple random sampling diperoleh data observasi 52 kepala keluarga. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi terhadap tingkat motivasi menyekolahkan anak. Hasil penelitian yang menggunakan determinasi terhadap peningkatan status sosial ekonomi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan pendidikan sekolah gratis terhadap peningkatan status sosial ekonomi. Artinya terpaan iklan pendidikan sekolah gratis tersebut memiliki pengaruh nyata dalam mempengaruhi peningkatan status sosial ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (52,412) > Ftabel (4,03)Besarnya pengaruh terpaan iklan pendidikan sekolah gratis terhadap peningkatan status sosial ekonomi sesuai dengan nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,512 atau 51,2%.