IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII-C SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU
Main Author: | ULUM, MUTAMMIMUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29674/1/jiptummb--mutammimul-27784-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29674/2/jiptummb--mutammimul-27784-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29674/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 8 Batu. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang ada didalam kelas dan memperbaiki proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe RTE pada materi persamaan garis lurus dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII-C. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir siklus dan tes kreativitas pada siklus I, dimana skor rata-rata siswa tes akhir siklus I mencapai 61,25 dengan presentase ketuntasan 53,3% dan skor rata-rata pada kreativitas mencapai 60,9% dengan presentase ketuntasan 23%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar dan tingkat kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu mengalami peningkatan, dimana skor rata-rata siswa mencapai 76,25 dengan presentase ketuntasan 76,7% dan skor rata-rata pada kreativitas mencapai 71,67% dengan presentase ketuntasan 80,0%. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dan tercapai target yang ditentukan SMP Muhammadiyah 8 Batu. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe RTE pada materi persamaan garis lurus dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 8 Batu.