PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS OPEN ENDED PADA POKOK BAHASAN FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 07 MALANG

Main Author: GHAZALI, IMAM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29671/1/jiptummb--imamghazal-27885-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29671/2/jiptummb--imamghazal-27885-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29671/
Daftar Isi:
  • Penelitiaan ini bertujuan untuk mengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah berbasis open ended pada pokok bahasan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X SMA Negeri 07 Malang. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan pemecahan masalah berbasis open ended pada pokok bahasan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X SMA Negeri 07 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2011 sampai 03 Desember 2011 pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar penilaian (validasi), lembar pengamatan, dan angket siswa. Hasil penelitian pengembangan perangkat dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah berbasis open ended pada pokok bahasan fungsi kuadrat untuk siswa kelas X SMA Negeri 07 Malang menunjukkan bahwa validasi RPP mendapatkan rata-rata 3,56. Sedangkan dari hasil validasi LKS mendapatkan rata-rata 3,79. Dari hasil rata-rata validasi RPP dan LKS tersebutdidapat rata-rata total 3,68 dengan kategori “valid”. Sedangkan hasil rata-rata persentase pengelolaan guru diperoleh sebesar 85,72% dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 83,58% dengan kategori baik. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh persentase rata-rata setiap aspek adalah 34,29 % sangat setuju, 45,89 % setuju, 19,52 % tidak setuju, dan 0,31 % sangat tidak setuju. Dari analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah berbasis Open-Ended tersebut praktis untuk digunakan.