PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII di MTs AL-HIDAYAH BATU

Main Author: Muniro, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29670/1/jiptummb--dewimuniro-27953-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29670/2/jiptummb--dewimuniro-27953-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29670/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII di MTs AL-Hidayah Batu, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran student facilitator and explaining materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VII di MTs AL-Hidayah Batu Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Hidayah Batu materi operasi hitung bentuk aljabar. Pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa, dan tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif untuk aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan b) hasil belajar siswa pada siklus I belum menunjukkan ketuntasan secara klasikal dan individu dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan.