PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INVESTIGASI PADA POKOK BAHASAN KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK SISWA KELAS IX SMP N I KOTANYAAR PROBOLINGGO
Main Author: | SARI, SOFIA YUNITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29667/1/jiptummb--sofiayunit-28065-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29667/2/jiptummb--sofiayunit-28065-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29667/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan investigasi pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2011 pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012 di SMP N I Kotaanyar. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian (validasi) dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan investigasi pada materi kesebangunan dan kekongruenan menunjukkan pada tahap pendefinisian diperoleh bahwa selama ini metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagian besar adalah metode ceramah, tanya jawab dan diskusi mengerjakan buku paket. Sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan dan terkesan monoton. Materi kesebangunan dan kekongruenan pada kelas IX SPMN I Kotanyaar Probolinggo diajarkan pada semester ganjil. KD yang digunakan adalah “ mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen”. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan investigasi, dimana pendekatan tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan. Aktivitas yang dilakukan pada tahap perancangan adalah menyiapkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan investigasi. Perangkat pembelajaran yang dirancang adalah RPP dan LKS. Sedangkan pada tahap pengembangan yaitu perangkat pembelajaran divalidasi oleh para pakar yaitu dua dosen matematika Universitas Muhammadiyah Malang dan dua guru matematika kelas IX SMP N I Kotaanyar. Validasi RPP mendapatkan rata-rata 4,0025. Sedangkan dari hasil validasi LKS mendapatkan rata-rata 4,13. Dari hasil rata-rata validasi RPP dan LKS tersebut didapat rata-rata total 4,07 dengan kategori “sangat valid”.