PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA SISWA KELAS VB SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Main Author: INDRAWATININGSIH, NONIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29665/1/jiptummb--nonikindra-28068-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29665/2/jiptummb--nonikindra-28068-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29665/
Daftar Isi:
  • Indrawatiningsih, Nonik, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Materi Pengukuran Sudut Melalui Model Pembelajaran Scramble dengan Pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 9 Malang Sub, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SD Muhammadiyah 9 Malang dan observasi, menunjukkan bahwa siswa masih cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran dan belum ada peran aktif siswa dalam interaksi pembelajaran di kelas. Akibatnya proses pembelajaran kurang optimal dan pemahaman konsep siswa cenderung rendah. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika mereka rendah. Hasil belajar yang rendah terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian yang dicapai siswa sebelum penelitian tindakan kelas, yaitu 57,96 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28,57% padahal KKM di sekolah adalah 70 dan yang belum mencapai KKM 71,43 %. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 karena model ini melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajarnya di kelas dan hasil belajarnya juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada sub bab Pengukuran Sudut melalui model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 pada siswa kelas VB SD Muhammadiyah 9 Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,41% dari jumlah keseluruhan siswa, dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 85,75. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan: Hasil belajar siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 9 Malang setelah penerapan model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 terdapat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: Bagi guru mata pelajaran, model pembelajaran Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash 8.0 dapat menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, terutama pada sub bab Pengukuran Sudut.