DIPLOMASI PUBLIK KOREA SELATAN UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA INTERNASIONAL KE KOREA SELATAN

Main Author: DARNAWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/29563/1/jiptummpp-gdl-darnawati0-29768-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29563/2/jiptummpp-gdl-darnawati0-29768-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/29563/
Daftar Isi:
  • Pembimbing I : Tonny Dian Effendi, M.Si, Pembimbing II : Ruli Inayah Ramadhoan, M.Si Korea Selatan kini tengah gencar melakukan diplomasi publik. Guna menarik pengunjung wisatawan mancanegara dari berbagai negara, Korea Selatan membuat festival internasional dalam Visit Korea Year 2010-2012. Dengan mengoptimalkan peran media massa baik elektronik (televisi,radio,internet) ataupun media cetak (buku, brosur, majalah, koran) serta jejaring sosial (facebook dan twitter). Diplomasi publik Korea Selatan berhasil menarik minat publik, mencapai berbagai kepentingan nasionalnya serta meningkatkan branding image yang positif. Yang menarik penulis untuk diteliti adalah: bagaimana diplomasi publik Korea Selatan untuk meningkatkan kunjungan wisata internasional ke Korea Selatan? Penelitian ini bersifat korealsionis, menggunakan level analisa negara-negara dengan unit analisa diplomasi publik Korea Selatan dan unit eksplanasinya peningkatan kunjungan wisata internasional ke Korea Selatan. Konsep yang digunakan adalah konsep diplomasi publik. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keberhasilan Korea Selatan dalam meningkatkan wisatawan mancanegara maupun politik, ekonomi, sosial dan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi.