PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DAN MAKE A MATCH PADA MATERI STATISTIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 MALANG
Main Author: | SETYANINGTYAS, ALDILA NURI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29503/1/jiptummpp-gdl-halilurrah-30555-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29503/2/jiptummpp-gdl-halilurrah-30555-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29503/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas siswa dan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dan make a match dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Malang pada tanggal 21-28 Mei 2015. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 3 Malang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dan guru, serta kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw dan make a match. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan make a match terlaksana dengan baik dan sesuai dengan sintak yang telah dirancang. (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran jigsaw dan make a match menunjukkan kategori baik. (3) kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran jigsaw dan make a match telah mencapai tingkat penguasaan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan make a match telah mencapai rata-rata dengan kategori baik.