“PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN DENGAN ANALISA SWOT” (Studi Kasus: PR. Djagung Padi)
Main Author: | PRIMADASA, RANGGA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29476/1/jiptummb--ranggaprim-28139-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29476/2/jiptummb--ranggaprim-28139-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29476/ |
Daftar Isi:
- Dosen Pembimbing I : Ir. Dyah Retno P., MT. Dosen Pembimbing II : Annisa Kessy Garside, ST., MT. PR Djagung Padi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri rokok di kabupaten Malang. Kondisi Perusahaan saat ini sedang mengalami penurunan keuntungan ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah produk yang terlalu lama di agen karena tidak laku sehingga rusak dan dikembalikan lagi ke peusahaan. Rata-rata produk yang tidak laku mencapai 40 persen pada tahun 2010, itu berkisar 40 bal perbulan. Hal ini dikarenakan perusahaan masih belum mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal dalam merumuskan strategi pemasaran.Tujuan utama penelitian ini adalah memilih strategi pemasaran yang tepat bagi Pabrik Rokok Djagung Padi. Langkah-langkah dalam penelitian ini pertama; mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancamana yang berkenaan dengan strategi pemasaran perusahaan, kedua; menyusun strategi pemasaran dengan analisa SWOT, ketiga; menentukan posisi perusahaan pada kuadran SWOT, dan yang keempat; menentukan strategi dalam kuadran terpilih dengan matriks QSPM. Dari kuadran SWOT diketahui bahwa perusahaan berada pada kuadran yang menggunakan strategi WT. Dari Strategi W-T telah tersusun 5 buah strategi alternative. Dengan menggunakan matriks QSPM didapat prioritas pertama strateginya adalah membuat roadmap pemasaran untuk menghadapi persaingan dari pemodal besar, rokok mild, dan rokok illegal, strategi inilah yang akan diterapkan oleh perusahaan.