EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
Main Author: | SARI, RENI OKTAVIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/29425/1/jiptummpp-gdl-renioktavi-28932-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/29425/2/jiptummpp-gdl-renioktavi-28932-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/29425/ |
Daftar Isi:
- pembimbing I: Dr. Ekarini Saraswati, M.pd, Pembimbing II: Dra. Tuti Kusniarti, M.Si, M.Pd Penelitian ini merupakan hasil penelitian eksperimen tentang efektivitas penggunaan metode picture and picture dalam mengarang narasi. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan narasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode Picture and picture? (2) Adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa kelas eksperimen dalam menulis karangan narasi yang menggunakan metode Picture and picture dengan kemampuan siswa kelas kontrol dalam menulis karangan narasi tanpa menggunakan metode Picture and picture? (3) Apakah metode Picture and picture terbukti evektif dalam menulis karangan narasi siswa? Mengarang narasi termasuk dalam kategori sulit untuk siswa Sekolah Dasar, sehingga untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dibutuhkan bantuan metode, salah satunya seperti metode Picture and Picture, dimana siswa harus menyusun gambar untuk dijadikan sebuah karangan narasi. Parameter yang digunakan adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi selanjutnya diberi perlakuan dengan menggunakan metode picture and picture. Jenis penelitian adalah eksperimen sebenarnya, menggunakan dua kali pengujian yaitu pretest dan postest Teknis analisis data dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows, dengan uji kenormalan dan dilanjutkan dengan t-test berpasangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang mulai tanggal 25 Mei sampai 1 Juni 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode picture and picture dalam menulis karangan narasi, hasil rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 52,86 dan mengalami peningkatan menjadi 80,71,pada uji post test sedangkan pre test pada kelas kontrol adalah 52,55 dan mengalami peningkatan menjadi 67,9, pada uji postest. Setelah di uji dengan SPSS 16.0 for windows mendapatkan sig 0.000<0.05 yang berarti berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode picture and picture efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa Sekolah Dasar kelas IV SD Muhammadiyah 08 Dau Malang.